Teknik Dasar Karate Aliran Goju-Ryu

Goju memiliki arti keras-lembut. Aliran ini memadukan teknik keras dan teknik lembut, dan merupakan salah satu perguruan karate tradisional di Okinawa yang memiliki sejarah yang panjang. Dengan meningkatnya popularitas Karate di Jepang (setelah masuknya Shotokan ke Jepang), aliran Goju ini dibawa ke Jepang oleh Chojun Miyagi. Miyagi memperbarui banyak teknik-teknik aliran ini menjadi aliran Goju-ryu yang sekarang, sehingga banyak orang yang menganggap Chojun Miyagi sebagai pendiri Goju-ryu. Berpegang pada konsep bahwa "dalam pertarungan yang sesungguhnya, kita harus bisa menerima dan membalas pukulan". Sehinga Goju-ryu menekankan pada latihan SANCHIN atau pernapasan dasar, agar para praktisinya dapat memberikan pukulan yang dahsyat dan menerima pukulan dari lawan tanpa terluka. Goju-ryu menggunakan tangkisan yang bersifat circular serta senang melakukan pertarungan jarak rapat.
Goju-Ryu

Goju-ryu memiliki 12 kata inti dalam kurikulum standar: Kihongata, gekisai (dai ichi & dai ni), saifa, seiyunchin, Seisan, saipai, shisochin, sanseiru, kururunfa, Sanchin, Tensho, dan suparenpai. Siswa di sekolah  wajib mengetahui mengetahui semua kata ini sebelum mencapai Sandan. Morio Higaonna sensei menulis bahwa "Karate diawali dan diakhiri dengan kata Kata adalah inti dan dasar karate dan Itu merupakan akumulasi dari lebih dari 1000 tahun pengetahuan. Dibentuk oleh banyak master  sepanjang zaman melalui pelatihan khusus dan penelitian, kata adalah seperti peta untuk membimbing kita, dan dengan demikian tidak boleh diubah atau dirusak "


Kihongata

Kihongata berarti "kata dasar-dasar." Di Goju-ryu, Sanchin kata adalah dasar untuk semua kata Goju lainnya karena mengajarkan gerakan dasar, teknik dasar, pembangkit listrik dan teknik pernapasan dari qigong. Ini juga merupakan dasar dari kondisi tubuh. Semakin karateka yang mempraktikkan kata, semakin Heishugata nya akan berubah. Variasi pertama Sanchin-kata (Sanchin kata dai-ichi) berfungsi sebagai Kihongata. Lihat lebih lanjut tentang Sanchin kata di bawah ini.


Gekisai

Gekisai (kanji: 撃 砕, katakana: ゲキサイ) berarti "menyerang dan menghancurkan". Kata ini diciptakan sekitar tahun 1940 oleh Chojun Miyagi dan Nagamine Shoshin sebagai kata pemula ', untuk memperkenalkan bentuk-bentuk dasar karate (kihon) untuk siswa sekolah menengah di Okinawa, untuk membantu mewujudkan standardisasi karate, dan untuk mengajarkan satu set dasar teknik untuk membela diri Gekisai kata sangat dipengaruhi oleh tehnik Shuri-te  dari Guru Miyagi belajar dari Anko Itosu Guru. Siswa pertama-tama belajar gekisai dai ichi dan kemudian gekisai dai ni. Perbedaan utama antara dai ichi dan dai ni adalah bahwa dai ni memperkenalkan teknik tangan terbuka dan sikap baru. Hal ini di gekesai dai ni bahwa siswa diperkenalkan dengan sikap ashi neko Dachi, dan blok roda (Tomai Uke).


Saifa

Saifa (Kanji: 砕 破, Katakana: サイハ) berarti "smash dan air mata", Saifa memiliki asal-usul dari Cina, dan dibawa ke Okinawa oleh Higashionna. Berisi gerakan cepat mencambuk, hammerfists, dan kembali serangan tinju, dan sangat menekankan pergerakan off-line dari kekuatan utama lawan, sekaligus menutup jarak dan menghancurkan mereka. Ini biasanya kata pertama Goju-ryu.


Sanchin

Sanchin (Kanji: 三 戦, Katakana: サンチン) berarti "tiga pertempuran". Kata ini adalah semacam meditasi bergerak, yang tujuannya adalah untuk menyatukan pikiran, tubuh dan jiwa. Teknik-teknik yang dilakukan sangat lambat sehingga gerakan mahasiswa master yang tepat, pernapasan, sikap / postur, kekuatan internal, dan stabilitas dari kedua pikiran dan tubuh Sanchin adalah dasar untuk semua kata lainnya, dan umumnya dianggap sebagai kata yang paling penting untuk dikuasai.


TensoTensho

TensoTensho (Kanji: 転 掌, Katakana: テンショウ) berarti "tangan revolving" Seperti Sanchin, Tensho adalah bentuk meditasi bergerak, Tensho menggabungkan  ketegangan dinamis dengan gerakan tangan lembut, dan berkonsentrasi kekuatan di tanden Tensho dapat dianggap sebagai ju (lembut) counterpart dari Sanchin itu (keras)


Kaishugata

Kaishugata berarti "kata dengan tangan terbuka." Ini lebih maju daripada Heishugata. Kaishugata berfungsi sebagai "aplikasi tempur referensi" kata dan terbuka untuk interpretasi yang luas (Bunkai) dari tujuan gerakannya 'maka disebut , "tangan terbuka").


KATA DALAM GOJU RYU
  • Seiunchin (kanji: 制 引 戦, katakana: セイユンチン (menyerang, menaklukkan, menekan, juga disebut sebagai "untuk mengontrol dan menarik ke dalam pertempuran")
  • Shisōchin - Kanji: 四向 戦 - Katakana: シソーチン ("menghancurkan dalam empat arah" atau "bertarung di empat arah"): Ini mengintegrasikan serangan linear kuat (Shotei zuki) dan gerakan melingkar dan blok. Itu adalah kata favorit Miyagi akhir.
  • Sanseirū - Kanji: 三 十六 手 - Katakana: サン セイルー (36 Tangan): Kata ini mengajarkan bagaimana untuk bergerak di sekitar lawan dalam pertarungan jarak dekat, dan menekankan kehancuran mobilitas lawan dengan cara kanzetsu geri.
  • Seipai - Kanji: 十八 手 - Katakana: セイパイ (18 Tangan): Seipai menggabungkan kedua empat gerakan terarah dan 45 ° sudut serangan dan menerapkan teknik untuk jarak jauh dan memerangi kuartal dekat. Ini adalah kata spesialisasi Toguchi Seikichi.
  • Kururunfā - Kanji: 久留 顿 破 - Katakana: クルルンファー (berpegang pada panjang dan mencolok tiba-tiba): teknik yang didasarkan pada gaya Mantis Cina Berdoa. Itu kata khusus Ei'ichi Miyazato itu.
  • Seisan - Kanji: 十三 手 - Katakana: セイサン (13 Tangan): Seisan dianggap salah satu kata tertua yang banyak dipraktekkan antara lain Naha-te sekolah. Ryuha lainnya juga mempraktekkan ini kata atau versi lain dari itu.
  • Supārinpei - Kanji: 壱 百零八 - Katakana: スーパー リン ペイ (108 Tangan): Juga dikenal sebagai Pechurin, itu adalah kata Goju-ryu yang paling canggih.