4 Event Tur Balap Sepeda Terkenal di Dunia

Event Tur Balap Sepeda
Grand tour (GT): Giro d'Italia 1991.
Grand tour (GT)

Balap sepeda paling terkenal adalah Tour de France, sebuah event tur selama tiga minggu yang sebagian besar melalui Prancis, secara tradisional berakhir di Paris. Tur multi tahapan dan panjang lainnya diadakan di Italia (Giro D'Italia) dan Spanyol (Vuelta a España). Tiga balapan tersebut biasa disebut "Grand Tour".


UCI World Tour

Balap professional diatur oleh Union Cycliste Internationale. Pada tahun 2005 organisasi ini mengadakan UCI ProTour (berganti nama menjadi UCI World Tour pada tahun 2011) untuk menggantikan seri Piala Dunia Jalan Raya UCI. Apabila Piala Dunia hanya terdiri dari balap sehari, World Tour juga mencangkup Grand Tour dan balap tahapan yang lain seperti Tour Down Under, Tour de Suisse, Paris–Nice dan Critérium de Dauphiné Libéré.

Balap satu hari yang menjadi bagian dari Piala Dunia Jalan Raya UCI - yang meliputi keseluruhan dari lima balap sepeda klasik atau "Monumen" – juga menjadi bagian dari ProTour: Milan – San Remo (Italia), Tour of Flanders (Belgia), Paris–Roubaix (Prancis), Liège–Bastogne–Liège (Belgia) dan Amstel Gold Race (Belanda) pada musim semi, dan Clásica de San Sebastián (Spanyol), HEW Cyclassics (Jerman), Züri-Metzgete (Swiss), Paris–Tours (Prancis) dan Giro di Lombardia (Italia) di musim gugur.


Olimpiade

Bersepeda telah menjadi disiplin olahraga di Olimpiade Musim Panas sejak kelahiran Olimpiade modern. Sejarawan Wlodzimierz Golebiewski mengatakan: "Bersepeda telah menjadi event utama dalam program Olimpiade ... Seperti banyak olahraga lainnya, olahraga ini telah mengalami beberapa perubahan." Olimpiade tidak pernah sepenting dalam balap sepeda jika dibandingkan dalam olahraga lainnya.


Paris–Rouen

Sukses dari balapan di Parc de St-Cloud menginspirasi Compagnie Parisienne dan majalah Le Vélocipède Illustré untuk melangsungkan balapan dari Arc de Triomphe di Paris menuju katedral di Rouen pada 7 November 1869. Ini merupakan balap sepeda jalan raya jarak jauh pertama di dunia dan dimenangkan oleh Moore, yang membutuhkan waktu 10 jam dan 25 menit untuk menjangkau jarak 134 km. Posisi kedua adalah Count André Castéra, yang datang beberapa detik setelah Moore di St-Cloud, dan Jean Bobillier, mengendarai sepeda petani dengan berat 35 kg. Satu-satunya wanita yang finish dalam 24 jam adalah Miss America, yang sebenarnya dalah wanita Inggris yang tidak dikenal, yang seperti beberapa orang di lapangan, memilih menggunakan nama samaran. [id.wikipedia.org]

Aturan lainnya: