Gerakan Dasar Perguruan Pencak SIlat Perisai Putih

Setiap perguruan pencak silat tentu memiliki geraakan dasar yang harus dikuasai oleh setiap murid atau anggota perguruan tersebut terutama bagi murid baru. Berikut ini Gerakan Dasar yang diajarkan dalam perguruan pencak silat Perisai Putih:


Senam dasar 1
  1. Gerakan ini diawali dengan kaki kanan yang maju membentuk kuda-kuda T, posisi serong disertai dengan kedua pukulan mengarah ke dada.
  2. Sementar, kedua kaki kanan dan kaki dirapatkan, kemudian digeser ke samping kanan.
  3. Posisi kuda-kuda T sejajar disertai dengan tangkisan sikuan, tangan kanan dan tangan kiri terbuka di depan dada.
  4. Selanjutnya, kaki kanan diangkat rata-rata air disertai dengan tangkisan pinggang tangan kanan (sikap mengepal) dan tangan kiri terbuka di depan dada. Sikap sempurna.

Senam dasar 2
  1. Gerakan senam dasar dua diawali dengan kaki kanan diangkat rata-rata air, disertai dengan tebangan kedua tangan ke arah leher (terbuka).
  2. Sementara, kaki kanan diturunkan membentuk kuda-kuda (membentuk sudut 45 derajat) disertai dengan pukulan kedua tangan mengepal.
  3. Gerakan selanjutnya, kaki kanan maju membentuk kuda-kuda sejajar. Namun, Kaki kanan terlebih dahulu dirapatkan dengan kaki kiri, disertai dengan bandulan tangan kanan ke arah pelipis kanan versus dan tangan kiri terbuka di depan mata.

Materi Perisai Putih

Materi pembelajaran dalam ilmu silat nasional Perisai Putih mencakup empat bagian (Sudirman Yan: 2008), yaitu pelajaran tangan kosong, pelajaran penggunaan senjata, pelajaran pernapasan, dan pelajaran mengenal kekuatan di luar jasmania.

Pelajaran tangan kosong mencakup teknik permainan atas, teknik permainan bawah, dan teknik permainan melengket. Pelajaran penggunaan senjata mencakup penggunaan alat buat membela diri dan teknik merampas senjata. Pelajaran pernapasan mencakup pernapasan buat kesehatan dan pernapasan buat keperluan tertentu.

Pelajaran mengenal kekuatan di luar jasmania didasarkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (samadi, puasa, dan doa), didasarkan ilmu pencak silat, dominasi mental spritual, dan menghadapi sihir/magic.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel lainnya dari Aturan Permainan dengan Label / kategori Perisai Putih.

Sumber: Binasyifa


Aturan lainnya: