Arti Lambang Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri

 Lambang Perisai Diri
 Lambang Perisai Diri
Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri adalah organisasi olahraga beladiri yang didirikan oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur.

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau yang disingkat Kelatnas Indonesia Perisai Diri ini merupakan salah satu anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).


Berikut ini Arti Lambang Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri:

Lambang Perisai Diri berupa manusia menunduk dengan tangan menyusun sikap Bunga Sepasang di atas bunga teratai yang berdaun lima berwarna kuning, di bawahnya didasari dengan sayap putih dengan tulisan PERISAI DIRI, di dalam suatu bangun segitiga berwarna merah bertepikan warna kuning.

Manusia menunduk bersikap Bunga Sepasang - Mempunyai makna bahwa Kelatnas Indonesia Perisai Diri bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan azas dan tujuan Kelatnas Indonesia Perisai Diri.

Bunga teratai berdaun lima berwarna kuning - mempunyai makna bahwa dalam melaksanakan tujuan Kelatnas Indonesia Perisai Diri berazaskan Pancasila.

Sayap warna putih bertuliskan PERISAI DIRI - mempunyai makna bahwa Kelatnas Indonesia Perisai Diri mempunyai sikah hidup yang dinamis, selalu mempunyai tekad dan semangat untuk mengembangkan bela diri Indonesia umumnya dan Silat Perisai Diri khususnya serta memelihara kelestariannya sebagai budaya bangsa.

Bangun segi tiga berwarna merah bertepikan warna kuning mempunyai makna :
  • Tujuan Luhur/Roh Suci
  • Hidup/Sukma
  • Kekuatan/Bayu

Warna merah putih - mempunyai makna asal dan perantaraan ayah dan ibu. (Sumber)

Aturan lainnya: