Sejarah Lari Jarak Menengah

Lari Jarak Menengah
Tidak banyak ditemukan menganai sejarah tertulis tentang lari jarah menegah baik itu untuk kesehata ataupun prestasi, namun semua orang mengerti bahwa sejak manusia ada, sebenarnya telah dapat berjalan dan berlari.

Beberapa literatur menjelaskan bahwa lari bermula dari bangsa Yunani yang sedang dilanda peperangan antara kaum Yunani dan Persia di kota Marathonas Pulau Egina Yunani. Pasukan Persia mengalami kekalahan dan pasukan Yunani yang memenangkan perang, memerintahkan salah seorang pasukannya untuk membawa pesan.

Untuk mengabarkan pesan kemenangan, ditunjuklah seseorang untuk membawa pesan. Ia berlari ke Athena sepanjang 40.8 km (25.4 miles) dalam sehari, sesampainya di kota ia berteriak sambil berlari, namun akhirnya pingsan dan meninggal dunia.

Untuk mengenang kemenangan perang tersebut dan menghormati si pembawa pesan maka beberapa periode diadakan lomba lari dan semakin berkembang menjadi olah raga prestasi modern dan terpecah menjadi berbagai cabang lari.

Setelah mengalami berbagai event dan waktu, lomba ini berubah menjadi Olimpiade dan pada periode selanjutnya mendapat julukan olimpiade modern. Olah raga ini pun berkembang menjadi beberapa cabang yang dibagi dalam jarak tempuh tertentu.

Artikel yang berhubungan dengan lari jarak menengah:

Aturan lainnya: