Macam-Macam Perlengkapan Untuk Berenang

Perlengkapan Untuk Berenang
Berenang secara alami tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga terkadang membutuhkan pakaian dan perlengkapan khusus untuk membantu memudahkan bergerak di air.

Pakaian yang digunakan untuk berenang dirancang untuk memudahkan manusia bergerak di air. Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara ke dalam pakaian. Pakaian renang juga dirancang untuk mempercepat pergerakan manusia di air, rancangan seperti ini ditujukan bagi kegiatan berenang untuk kompetisi.

Selain pakaian yang dirancang khusus, dalam berenang terkadang membutuhkan perlengkapan khusus seperti kaca mata renang, ban renang, penutup telinga dan hidung, penutup kepala. Secara umum perlengkapan renang tersebut ditujukan untuk memudahkan berenang dan menghindari risiko yang timbul akibat berenang.

Berikut ini perlengkapan berenang yang umum dipakai:
  • Ban, digunakan untuk anak-anak bermain dan yang belum bisa berenang
  • Kaca Mata Renang, penting agar mata tidak teriritasi dan perih ketika sedang berenang, terdapat dua macam kaca mata renang yakni yang minus dan yang buram. Kaca mata renang Minus digunakan untuk orang yang ber-kacamata minus, sekarang juga tersedia kaca mata renang minus. Kaca Mata Renang Buram/ Berkabut, sebaiknya gunakan kaca mata renang Anti Fog dengan kualitas yang baik, bila kaca mata renang mulai berkabut, maka bisa ditambahkan obat untuk diteteskan ke kaca mata renang. 
  • Kaki Katak, berguna untuk mempercepat renang gaya bebas. Dengan kaki katak, maka kecepatan berenang gaya bebas menjadi akan sangat cepat. Kaki katak ini lebih sering digunakan sebagai perlengkapan selam.
  • Pakaian Renang, Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara ke dalam pakaian.
  • Papan Pelampung. Biasanya digunakan bagi mereka yang belajar mengapungkan badan dan meluncur serta belajar kaki gaya dada/kodok maupun kaki gaya bebas. Dengan cara papan tersebut dipegang dengan tangan, kemudian meluncur di permukaan air dan gerakkan kaki dengan gerakan kaki gaya dada atau gaya bebas. Selain itu papan pelampung dapat memperkuat tangan dengan cara menjepitkan papan pelampung tersebut di paha agar kaki atau paha selalu di atas. Dengan begitu kaki tidak perlu bergerak, sehingga hanya tanganlah yang akan bergerak dengan gaya dada atau bebas. Papan renang paling sering digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan kaki gaya bebas.
  • Hand Paddle, berguna untuk untuk melatih dan memperkuat tangan (biasanya digunakan untuk renang gaya bebas). Cara penggunaannya dengan memasukkan telapak tangan ke dalam hand paddle setelaha itu anda dapat memulai untuk berenang.
  • Pull Boy, digunakan untuk belajar gaya kupu. Alat ini akan membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar gaya kupu. Jadi dengan alat ini, maka kaki bisa lebih terangkat ke atas permukaan air.
  • Penutup Kepala. Ada beberapa kegunaan penutup kepala, misalnya untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (misalnya terlalu banyak mengandung kaporit), untuk orang yang berambut panjang agar tidak mengganggu sewaktu berenang, dll.

Aturan lainnya: