Teknik Scuba Diving Untuk Pemula

Bagi anda yang masih takut untuk mencoba menyelam Scuba Diving janganlah merasa takut, karena selama dilakukan dengan teknik yang baik dan benar, scuba diving bisa menjadi olahraga ekstrem nan menyenangkan.

Scuba Diving

Untuk memiliki kemampuan tersebut, sebelum terjun ke bawah permukaan, anda harus mengetahui prosedur keamanan. Berikut ini beberapa pengetahuan yang perlu diketahui sebelum Berscuba:
  1. Jernihkan Masker
  2. Regulator Clearing
  3. Regulator Recovery
  4. Cara Naik ke Permukaan
  5. Teknik-teknik Berenang


1. Jernihkan Masker

Menjernihkan masker adalah teknik dasar yang wajib dikuasai para penyelam. Teknik ini sangat dibutuhkan mengingat tekanan udara yang berada di dalam masker akan mencegah air masuk ke dalam. Caranya adalah dengan menghirup udara dalam-dalam melalui mulut. Kemudian, buka bagian bawah masker supaya air terdorong keluar. Baru setelah itu keluarkan nafas melalui hidung.


2. Regulator Clearing

Salah satu gangguan yang kerap dialami penyelam adalah bocornya regulator. Untuk mengatasinya adalah dengan mengeluarkan dengan cepat air dari regulator secara otomatis dengan menekan tombol purge. Bila cara tadi tidak berhasil, tiup regulator sekencang mungkin sampai airnya keluar. Setelah itu, bernapaslah untuk memastikan apakah air masih ada di sana.

3. Regulator Recovery

Disebut juga dengan regulator retrieval, teknik ini dilakukan saat mouthpiece terlepas. Untuk mengatasi kemungkinan terburuk, anda dapat melakukan sweeping, yakni membuat gerakan seperti menyapu dengan menggunakan tangan sampai selang regulator ikut tersapu. Atau bisa juga dengan menggerakan kaki ke bahu belakang sampai berhasil menemukan sambungan dari regulator dengan tabung.


4. Cara Naik ke Permukaan

Untuk dapat naik ke permukaan dengan benar, ada teknik yang harus dipelajari. Satu hal penting yang harus dicatat adalah memperhatikan kecepatan naik tetap stabil, yakni 9 m per menit. Setelah berhenti di safety spot (5 meter), berenanglah ke permukaan dan isi udara pada rompi apung supaya kalian bisa mengapung.


5. Teknik-teknik Berenang

Tak berbeda jauh dengan snorkeling, teknik berenang dalam scuba diving sangat mengandalkan daya dorong kaki kalian. Sementara tangan berfungsi dalam melakukan berbagai manuver saat kalian berada di dalam air. Dalam hal ini, kalian harus memperhatikan ritme goyangan dari kaki. Jangan sampai terlalu kencang, sebab hal itu akan menguras tenaga kalian dengan cepat sampai memicu munculnya kram. [Sumber: Super Adventure]