Teknik Saat Melakukan Lari Jarak Pendek

Lari Jarak Pendek
Berikut ini adalah gerakan yang dilakukan saat melakukan lari jarak pendek, Teknik  yang dilakukan Saat Melakukan Lari Jarak Pendek 100 meter adalah:


Langkah Kaki

Ada beberapa teknik gerakan kaki yaitu tahap melangkah (drive), kontak (contact), support dan tahap pemulihan (recovery).

Gerakan kaki  atau langkah kaki merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan lari. Jika kita berlari dengan menggunakan teknik yang salah maka sangat berpengaruh pada kecepatan langkah kaki.


Gerakan Tangan

Saat melakukan teknik lari jarak pendek, ayunan tangan akan bergerak lebih cepat dibandingkan dengan lari jarak menengah atau jauh. Hal ini disebabkan oleh pengaruh kecepatan langkah kaki saat berlari.


Kemiringan Badan

kemiringan badab sangat berpengaruh dalam kecepatan berlari, serta meringankan otot kaki untuk melakukan gerakannya. Dengan memiringkan badan maka kita seolah-olah mendorong badan ke arah depan.

Pada teknik lari jarak pendek ini posisi kemiringan badan lebih condong kedepan, tidak membusungkan dada dan juga tidak membungkukan tubuh, untuk pandangan mata sebaiknya tidak terlalu jauh mengarah kedepan, disarankan 5 sampai 10 meter kedepan.

Namun beberapa pelari seperti Carl Lewis dan Ben Johnson, saat melakukan lari posisi badan mereka tidak condong kedepan, tetapi lebih cenderung menegakan badan. Hal ini dipengaruhi oleh kecepatan lari yang sangat tinggi, hingga badan otomatis akan menegak dengan sendirinya.


Teknik Ketika Mendekati Garis Finish
  • Berlari terus menerus dan tidak mengubah sikap lari.
  • Posisi dada sedikit dicondongkan ke depan, kedua tangan diayunkan dari bawah ke belakang. Di negara Amerika umumnya disebut merobohkan diri atau the lunge.
  • Posisi dada diputar menggunakan ayunan tangan ke depan atas hingga bahu sebelah sedikit maju ke depan.
  • Saat mendekati garis finish, teknik yang umum dipakai oleh pelari jarak pendek adalah dengan menggunakan cara posisi dada dicondongkan kedepan, kedua tangan di ayunkan ke belakang.

Aturan lainnya: