Tips Bermain Biliar Untuk Pemula

Billiar

Agar mendapatkan permainan biliar yang nyaman maka diperlukan beberapa petunjuk permainan yang diketahui, berikut ini penjelasannya.
  1. Biasakan Selalu Fokus Ketika Mau Menyodok Hal ini bertujuan agar pukulan kita lebih akurat sehingga tepat sasaran
  2. Kuda-kuda Tangan atau Bridge Harus Kuat, Tidak Boleh Goyah. Karena bila kuda-kuda tangan goyah maka pukulan terhadap Bola Putih melenceng jauh dari sasaran yang dituju.
  3. Posisi Kaki Harus Seimbang. Bila melakukan pukulan dengan Tangan Kanan maka Kaki Kiri harus berada di bagian depan. Jika titik sasaran bola sudah ditentukan, nah barulah tangan yang dipakai buat kuda-kuda (fungsi untuk menahan stik) kita diletakan dengan tujuan untuk mengatur ke-seimbangan badan.
  4. Usahakan agar Bola dan Ujung Stik Menbentuk Semacam Kurva. Agar Bola dapat dicapai dengan sempurna, gunakanlah Chalk atau Kapur untuk menghaluskan ujung Stik sebelum melakukan eksekusi agar kesalahan sasaran bisa dihindarkan atau diminimalkan.
  5. Saat menyodok Bola Putih, gunakan kekuatan sodokan sewajarnya atau sesuai kebutuhan, jangan terlalu Keras juga jangan terlalu Ringan.
  6. Jika memakai efek, jangan pernah mengoyahkan stiknya ke samping tapi goyangkan stik lurus (naik turun) dan sejajar dengan titik kotak, barulah setelah itu bisa digeser pada titik pukul.
  7. Yakin akan tindakan saat eksekusi pukulan dilakukan, jangan sekali kali berubah pikiran (hilangkan pikiran menggunakan strategi yang lain dan tetaplah fokus). Karena dengan hilangnya keyakinan maka akan menganggu konsentrasi dan menggagalkan sasaran.
  8. Rajinlah selalu berlatih, hal ini penting bila anda ingin menjadi ahli yang profesional terutama pada jenis-jenis pukulan yang sulit untuk kita lakukan. Mulailah dari pukulan jarak pendek, menegah, kemudian pukulan jarak panjang. Semakin tekun berlatih, maka kesulitan itu berangsur-angsur akan menjadi lebih mudah.
  9. Singkirkan jauh-jauh rasa tegang, dan selalu lah berpikir yang positif "Bahwa Cara Bermain Billiard Yang Saya Lakukan Sudah Benar dan Tidak Melengceng"