Jenis dan Macam-macam Permainan Billiard

Billiard
Dalam permainan Biliar terdapat beberapa jenis permainan yang dapat dijadikan pilihan untuk bermain. Jenis permainan Biliar ditentukan oleh jumlah Bola yang akan digunakan dalam bermain Billiard antara lain:


Permainan 8 (Delapan) Bola atau 8 Ball (Eight ball).

Permainan 8 bola merupakan salah satu jenis bola sodok yang paling umum. Harus ada dua kelompok yang memainkannya dimana setiap kelompok memiliki jatah 7 bola yaitu nomor 1 hingga nomor 7 untuk kelompok pertama dan nomor 9 sampai nomor 15.

15 Bola diletakkan diatas meja, permainan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu wajib memasukkan bola nomor urut 1 s/d 7, dan kelompok lainnya memasukkan bola nomor urut 9 s/d 15. Jika salah satu kelompok atau dua kelompok sudah berhasil memasukkan 7 bola, maka tinggal memasukkan Bola 8 dan siapa yang berhasil memasukkan bola 8 ke lubang dialah pemenangnya.


Permainan 9 (Sembilan) Bola atau 9 Ball (Nine Ball)

Dalam permainan ini setiap pemain wajib memukul bola secara berurutan dari nomor 1 sampai dengan 8 dan dilakukan bergantian ketika salah satu pemain tidak berhasil dalam memasukkan bola. Jika pukulan pertama mengenai bola nomor lain dianggap sebagai Foul. Jika dalam pukulan, Bola apapun memantul dan mengenai Bola nomor 9 kemudian bisa masuk ke lubang maka pemain itulah yang dianggap menang.


Permainan One Pocket

Dinamakan one pocket karena anda sudah menentukan lubang mana yang akan anda gunakan untuk memasukkan delapan bola dari 15 bola yang ada. Bila kamu salah memasukkan bola ke lubang milik lawan, maka itu menjadi keuntungan untuk lawan karena dia dapat poin. Anda harus fokus dengan lubang billiard anda sendiri dan apabila anda salah menarget dan memasukkan bola non-target, bola tersebut harus dikembalikan ke meja lagi.


Permainan Bola Sodok 14.1 Continuous

Dalam permaianan ini, pemain diwajibkan untuk menentukan bola mana yang manjadi sasaran dan lubang mana yang akan digunakan. Setiap sasaran yang masuk ke lubang sesuai dengan target maka dihitung dengan poin. Pemain pertama yang berhasil mendapatkan 150 poin dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.


Permainan dengan Sistem Eliminasi / Cutthroat

Cutthroat atau sistem eliminasi adalah jenis permainan bola sodok yang sangat seru. Permainan ini dilakukan oleh tiga pemain dimana setiap pemain mencoba untuk mengeliminasi 2 lawannya. 15 bola dibagi menjadi tiga kelompok: satu sampai lima, enam sampai sepuluh, dan 11 melalui 15. Pemain dapat memilih sekelompok bola sebelum pertandingan dimulai, atau ditugaskan kelompok karena setiap mulai memasukkan bola. Bila anda menyapu bersih bola anda, anda bisa mengeliminasi lawan dengan memasukkan bola lawan tentu saja setelah anda sudah masuk ke lubang semua. Bila lawan anda kehabisan bola maka dianggap tereliminasi.


Bola Pembunuh

Untuk jenis permainan ini bagi setiap para pemain hanya diberi kesempatan memukul dalam 1(satu) kali dan haruslah masuk ke dalam lubang. Jika gagal atau tidak berhasil sampai 3 kali dan masih terdapat bola yang tersisa diatas meja billiard maka mereka dianggap kalah, jadi pemenangnya adalah mereka yang bisa tepat memasukkan bola melalui satu kali pukulan.


Sumber: